Minggu, 28 November 2021

Mengembangkan Minat dan Bakat Melalui Dunia Digital

 OLEH : NUR LAILI RAHMAWATI, S.Pd.I



GMLD - Pertemuan ke 3 - Jum'at, 05 November 2021

Tema                  : MENGEMBANGKAN MINAT DAN BAKAT MEMALUI DUNIA DIGITAL

Narasumber      : ARIS AHMAD JAYA

Moderator         : MS. PHIA


Membersamai pertemuan di sore ini dengan Narasumber Bapak Aris Ahmad Jaya dan dipandu oleh moderator yang selalu cantik dan enerjik Ms. Phia

Adapun kuliah sore hari ini masih dibagi menjadi 4 sesi:

1. Pembukaan
2. Pemaparan materi 
3. Sesi Tanya Jawab 
4. Penutup

🌷 PEMBUKAAN

👉 Perkenalan dengan Narasumber yaitu Bpk Aris Ahmad Jaya


Beliau adalah seorang motivator sekolah unggul yang terkenal dengan Mr. Sugesti Indonesia


Sosok pendiri sekaligus CEO di ABCo Sugesti Motavindo dan juga menghasilkan beberapa karya buku best seller, 


beberapa karya beliau diantaranya




🌷 PEMAPARAN MATERI

🍀Seorang anak terlahir dengan keunikan masing-masing, dengan membawa bakatnya sendiri-sendiri. Dalam pemaparannya Pak Aris menjelaskan bahwa bakat itu adalah kemampuan dasar yang di miliki manusia. Sehingga bakat ini dapat dikembangkan dengan 3A, yaitu ASAH, ASIH, ASUH.

Dengan menggunakan perumpamaan dalam mengembangkan bakat ini seperti  emas 24 karat. Ketika kita memiliki emas batangan 24 karat, kita hanya bisa menyimpannya saja, akan tetapi ketika kita mmeperlakukan emas tersebut dengan langkah langkah tertentu maka akan terbentuklah perhiasan yang indah. Seorang wanita tidak akan menggunakan emas 24 karat, tetapi cenderung akan menerima ketika emas tersebut telah diolah menjadi perhiasan yang menarik dan indah sehingga dapat menambah kecantikannya.

🍀Salah satu motivasi dalam mengembangkan bakat yaitu adalah dengan menggunakan konsep 5T, sebagaimana diuraikan oleh Pak Aris yaitu :

1. TITI - dari bahasa Jawa NITENI dapat diartikan sebagai memperhatikan, mengamati. Ketika kita sedang niteni, mengamati maka kita akan melihat berkali-kali sampai kita ingat dan akan membekas didalam ingatan dan memori kita.

2. TIRU - meniru. Meniru disini dapat digambarkan dengan memunculkan kembali memori yang ada.  

3. TAMBAH - Menambahkan. Menambahkan adalah kemampuan kita memodifikasi apa yang ada dalam memori kita, jadi ketika kita memunculkan sesuatu yang ada dalam memori dan imajinasi kita, kita dapat memodifikasi dan menambah sesuai dengan karakter kita. 

4. TEMU - Menemukan hal yang baru. Hal- hal baru yang dimaksud adalah adanya berbagai inovasi yang muncul yang berasal dari proses kita niteni, meniru, dan menambah, sehingga akan menemukan sesuatu yang baru yang merupakan ciri khas dari kita sendiri.

5. TUNTAS - Menuntaskan sehingga memperoleh kemampuan yang benar benar maksimal

Ingat 5T ; TITI, TIRU, TAMBAH, TEMU dan TUNTAS


🌷 SESI TANYA JAWAB

SALAH SATU PERTANYAAN DALAM SESI TANYA JAWAB INI ADALAH PERTANYAAN YANG DISAMPAIKAN OLEH BPK FRANSISCO DARI SMPN 1 PRAYA LOMBOK TENGAH : BAGAIMANA MENJADI GURU MOTIVATOR?

Adapun jawaban dari Pak Aris adalah dengan mempersiapkan sedini mungkin sebelum MENGAJAR, salah satunya dengan motivasi. MOTIVASI  bisa diwujudkan  dengan mempersiapkan film-film sebelum kegiatan mengajar mengajar. tunjukkan gambar bagaimana belajar yang menyenangkan? tampilkan contoh film belajar yang menyenangkan. sehingga anak akan senang dan mengikuti pembelajaran dengan senang

Dari pertanyaan-pertanyaan yang ada, dapat disimpulkan :

1. Menulis semua hal yang memotivasi kita, baik yang kita dapatkan secara online maupun offline 

2. Gunakan bahasamu sendiri 


Adapun pesan inti dari apa yang di sampaikan oleh pak Aris adalah :

Prinsip Guru Motivasi :

1. Selalu berupaya memberi, karena kita dikenang dengan apa yang kita berikan, bukan dengan apa yang kita terima

2. Lakukan pekerjaan kita sebaik mungkin, dengan tulus ikhlas. Ketika kita sudah berusaha sebaik mungkin maka tugas kita tinggal tinggal berpasrah kepada Alloh.

3. Cintailah apa yang kamu kerjakan, dan kerjakan apa yang kamu cintai.













Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aktivitas